Seputar Kesehatan - Tanda Tanda Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobati Asam Urat

Apa tanda-tanda asam urat? 
Dalam beberapa masalah, penyakit asam urat tidak tunjukkan tanda-tanda apa pun sebelumnya. Tanda-tanda asam urat umumnya mulai muncul saat pasien telah alami keadaan yang kronis atau malah akut. Tanda-tanda yang sangat umum ialah: 


Seputar Kesehatan - Tanda Tanda Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobati Asam Urat 

Ngilu sendi kronis serta mendadak, yang seringkali pertama berlangsung pada pagi hari 
Sendi abuh serta lunak 
Sendi kemerahan 
Perasaan panas di seputar sendi 
Tanda-tanda asam urat umumnya muncul tidak diduga, tidak bisa diperkirakan, serta seringkali berlangsung di dalam malam. Sejumlah besar tanda-tanda asam urat cuma berlangsung dalam beberapa saat saat 1-2 hari. Akan tetapi pada masalah yang kronis, ngilu pada sendi bisa jadi berlangsung dalam tempo beberapa minggu. Bila Anda alami tanda-tanda ini, jadi encok yang Anda punya cukuplah kronis. 

Sesaat, ada juga yang rasakan tanda-tanda encok sampai 6-12 bulan – dalam intensitas yang berlainan setiap harinya. Keadaan ini, cukuplah kronis, apabila Anda merasakannya, lebih baik selekasnya kontrol diri ke dokter. 

Peluang ada tanda­-tanda serta tanda-tanda yang tidak dijelaskan diatas. Jika Anda mempunyai kecemasan akan satu tanda-tanda spesifik, konsultasikanlah dengan dokter Anda. 


Cara Mencari Uang Untuk Mengobati Asem Urat Sangat Mudah ? Clik di Sini 


Apa tingkatan penyakit asam urat? 
Ada tiga tingkatan penyakit asam urat berdasar pada tingkat keparahannya, yakni: 

Step ke-1. Pada step ini kandungan asam urat telah naik di darah, tapi belumlah ada tanda-tanda asam urat yang muncul. Bisa jadi Anda tidak pernah rasakan tanda-tanda asam urat. Umumnya, orang yang alami perihal ini, baru akan rasakan tanda-tanda asam urat pertama-tama sesudah dia terkena penyakit batu ginjal. 

Step ke-2. Waktu masuk step ke-2, jadi kandungan asam urat yang sangat tinggi itu sudah membuat kristal-kristal yang umumnya berlangsung di bagian jari kaki. Dalam step ini, Anda baru akan rasakan ngilu serta sakit pada sendi, tapi perihal ini akan tidak berjalan lama. Selang sekian waktu lalu, Anda baru akan alami tanda-tanda asam urat yang lain dengan intensitas serta frekwensi yang makin seringkali. 

Step ke-3. Di step ke-3 ini, tanda-tanda asam urat tidak kunjung hilang serta kristal-kristal asam urat yang tercipta bukan sekedar menyerang satu sendi saja. Bahkan juga, dalam step ini akan muncul gumpalan-gumpalan zat itu yang telah mengkristal dibawah kulit. Keadaan ini mengakibatkan perasaan ngilu yang lebih kronis serta bisa mengakibatkan kerusakan tulang-tulang riskan. 
Sejumlah besar orang yang menanggung derita penyakit ini, cuma alami step satu atau dua saja. Cukuplah jarang orang yang menanggung derita asam urat diketemukan sudah sampai tingkatan ke-3, sebab sejumlah besar pada step ke-2 pasien tanda-tanda asam urat telah bisa diatasi dengan baik. 

Kapan saya mesti kontrol ke dokter? 
Bila Anda alami gejala-gejala yang dijelaskan di-atas, periksalah ke dokter selekasnya untuk terima penyembuhan selekasnya. Penyakit encok bisa mengakibatkan rusaknya sendi bila tidak diatasi. 

Jika Anda alami demam serta sendi Anda panas dan meradang, cari perawatan medis sebab bisa jadi sinyal infeksi. 

Pemicu 
Apa yang bisa saja pemicu asam urat? 
Jadi sebetulnya, pemicu asam urat ialah kandungan asam urat tersebut yang kebanyakan di pada tubuh. Dalam kondisi normal, zat kimia ini akan dikeluarkan oleh badan lewat urin serta tinja. 

Tapi, pada seorang yang alami asam urat, jumlahnya asam uratnya kebanyakan serta tidak bisa di proses oleh badan. Selanjutnya, zat itu akan membuat kristal serta menumpuk di seputar sendi, lantas memunculkan peradangan. 

Lantas apakah sebagai pemicu asam urat di pada tubuh tinggi? Pemicu asam urat terlalu tinggi ialah sangat sering serta banyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan purin. Purin ialah satu zat kimia yang di produksi dengan alami oleh badan, akan tetapi terdapat pun di beberapa macam makanan. 

Saat seorang konsumsi makanan yang memiliki kandungan purin, jadi badan akan mengolahnya jadi asam urat. Hingga, makin banyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan purin, makin tinggi resiko Anda untuk alami asam urat. 

Aspek resiko 
Apakah yang tingkatkan resiko saya untuk terserang penyakit asam urat? 
Kebanyakan konsumsi makanan yang memiliki kandungan purin memang dapat jadi pemicu asam urat yang paling penting. Tetapi sebetulnya ada beberapa aspek resiko lainnya yang bisa membuat Anda alami asam urat. 

Apa aspek resiko penyakit asam urat ini? 

Umur serta type kelamin. Walau belumlah didapati kenapa, akan tetapi asam urat semakin banyak dihadapi oleh lelaki daripada wanita. Sesaat, orang yang lansia pun lebih rawan terkena penyakit ini daripada orang dewasa muda. 
Kisah kesehatan keluarga. Bila Anda mempunyai salah satunya bagian keluarga yang mempunyai asam urat, jadi Anda pun berkesempatan semakin besar untuk alami hal sama. Walaupun ini bukan pemicu asam urat yang penting, tapi dengan tahu kisah kesehatan keluarga, Anda dapat lebih siaga dengan penyakit ini. 
Berat tubuh yang terlalu berlebih. Mempunyai berat tubuh yang melewati normal, bisa tingkatkan resiko terkena penyakit ini. Orang yang mempunyai indeks massa badan yang lebih dari 25 kg/m 2 jadi mesti lebih siaga untuk terserang encok. 
Konsumsi obat-obatan spesifik. Beberapa macam obat-obatan yang Anda mengkonsumsi bisa jadi pemicu asam urat menumpuk di pada tubuh, perumpamaannya: 
Aspirin, obat penghilang perasaan sakit ini akan tingkatkan resiko asam urat jika dikonsumsi dengan teratur 1-2 tablet /hari. 
Obat diuretik, yang umumnya dipakai untuk menangani penimbunan cairan di badan. 
Obat kemoterapi, yang dipakai untuk menyembuhkan beberapa penyakit kanker. 
Obat yang bisa turunkan skema kebal badan, seperti cyclosporine. 
Kisah kesehatan, mempunyai masalah kesehatan spesifik awal mulanya bisa tingkatkan kesempatan terserang asam urat. 

Masalah kesehatan yang dapat tingkatkan resiko asam urat seperti 

  • Diabetes 
  • Masalah manfaat ginjal 
  • Penyakit jantung 
  • Arterosklerosis, pembuluh darah terhalang 
  • Penyakit infeksi 
  • Desakan darah tinggi 
  • Mengaplikasikan gaya hidup yang tidak sehat. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak purin, seperti daging serta seafood akan membuat tanda-tanda asam urat muncul. Diluar itu, minum alkohol dalam jumlahnya yang terlalu berlebih dapat jadi pemicu asam urat melompat. 
  • Dehidrasi. Jika Anda alami kekurangan cairan, jadi badan Anda akan susah keluarkan zat asam itu lewat urin. Perihal ini sebagai salah satunya pemicu asam urat menumpuk di pada tubuh. 
  • Sesudah pembedahan atau cedera. Cedera dapat jadi pemicu asam urat sebab keadaan ini memunculkan peradangan lebih dulu pada sendi yang lalu akan menyebabkan timbulnya tanda-tanda asam urat yang lain. 


Diagnosis & obat 
Info yang dikasihkan bukan alternatif nasehat medis. SELALU tanyakan pada dokter Anda. 

Bagaimanakah cara dokter menganalisis penyakit asam urat? 
Penyakit asam urat seringkali mengelabui sebab sejumlah besar gejalanya hampir sama juga dengan tanda-tanda penyakit lainnya. Kadang, walau jumlahnya asam uratnya sudah tinggi, tapi tidak ada tanda-tanda encok yang muncul. Oleh karena itu, bila seorang diduga alami asam urat, jadi ada banyak kontrol yang disarankan untuk dikerjakan, yakni: 


  • Tes cairan sendi. Kontrol ini dikerjakan lewat cara ambil cairan sendi yang abuh memakai jarum suntik. 
  • Tes darah. Tes ini mempunyai tujuan untuk tahu apa jumlahnya asam uratnya tinggi ataukah tidak di darah. 
  • Tes urin. Tidak hanya lakukan tes darah, zat kimia ini akan disaksikan kadarnya di urin Anda. Jika tidak normal, jadi Anda kemungkinan besar alami asam urat. 
  • Rontgen dengan sinar-X. Pasien asam urat butuh lakukan rontgen untuk lihat lebih jauh pemicu peradangan yang berlangsung pada sendi. 
  • CT-scan. Kontrol ini bisa menjumpai dimana tempat tumpukan kristal ada, walau tidak memunculkan tanda-tanda. 
  • Apa obat asam urat dapat mengobati penyakit ini? 
  • Tidak ada obat asam urat yang dapat membuat seorang lepas dari penyakit ini selama-lamanya. Walau demikian, janganlah cemas, obat asam urat dapat dikonsumsi untuk mengatur serta memudahkan tanda-tanda yang muncul. 


Jadi, bila Anda ingin terlepas dari serangan asam urat di hari esok, Anda mesti taat minum obat asam urat yang diresepkan oleh dokter serta melakukan pola hidup sehat. 

Tanda-tanda yang muncul dapat diobati dengan konsumsi obat asam urat tersebut: 




Non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAIDs) untuk menyembuhkan serangan asam urat mendadak serta kronis. Contoh obat asam urat type ini yakni ibuprofen, naproxen, diclofenac, serta etoricoxib. 
Steroid bisa dipakai menjadi obat asam urat pilihan tidak hanya NSAID. Obat type ini ada berbentuk oral ataupun suntikan yang langsung bisa dimasukkan ke persendian. Perumpamaannya, yakni prednison serta methylprednisone. 
Colchicine menolong kurangi resiko kekambuhan. Dokter akan memberi resep obat asam urat ini, jika NSAID tidak pas untuk Anda. Akan tetapi dalam beberapa masalah resikonya obat ini bisa memunculkan diare, mual, serta kram perut. 
Obat yang mengatur tingkat asam urat dalam darah seperti allopurinol, probenesid, serta febuxostat. 
Apa komplikasi yang mungkin berlangsung bila Anda tidak minum obat asam urat? 
Jika pasien asam urat tidak minum obat asam urat dengan teratur, jadi tanda-tanda yang dirasa akan makin kronis. Bahkan juga, bukan mustahil penyakit ini memunculkan masalah kesehatan lainnya, misalnya: 


  • Tophi. Keadaan ini diikuti dengan penimbunan kristal-kristal dibawah permukaan kulit. Umumnya, gumpalan ini akan tampil di seputar jari kaki, dengkul, jari tangan, serta telinga. Bila tidak diatasi dengan baik, jadi tophi akan makin lama makin jadi membesar. 
  • Rusaknya sendi. Jika pasien mengacuhkan saran untuk minum obat asam urat, jadi bukan mustahil persendiannya akan rusak permanen. Keadaan ini tingkatkan resiko cedera serta masalah kesehatan tulang dan sendi yang lain. 
  • Batu ginjal. Penimbunan kristal bukan sekedar berlangsung pada sendi-sendi saja. Jika asam urat tidak diatasi dengan baik, kristal itu dapat tertumpuk di ginjal. Perihal ini akan membuat ginjal mempunyai batu serta menghambat saluran urin untuk keluar. 
 Pantangan 
  • Apakah yang perlu saya kerjakan bila telah telanjur menderita penyakit asam urat (encok)? 
  • Bukan sekedar perlu minum obat asam urat secara teratur saja, tetapi Anda harus juga patuhi beberapa pantangan. Pantangan asam urat terpenting dikerjakan untuk menahan kekambuhan di masa datang. 

Apa pantangan buat pasien asam urat? 
Sebetulnya pantangan asam urat yang paling penting ialah hindari beberapa hal yang bisa menyebabkan encok muncul. Lantas, apa pantangan asam urat yang perlu dipatuhi? 

1. Konsumsi makanan yang tinggi purin 

Purin sebetulnya dapat diketemukan di beberapa makanan. Tetapi dalam pantangan asam urat, Anda cuma mesti hindari makanan dengan tinggi purin seperti jeroan, kaldu daging, sosis, bebek, serta beberapa type seafood. Sesaat, makanan yang perlu dibatasi yakni: 

Daging serta ayam yang cuma bisa 50 gr /hari 
Kacang hijau, kacang kedelai, serta kacang tanah yang bisa dikonsumsi sekitar 25 gr dalam sehari 
Beberapa jenis sayuran perumpamaannya, bayam, kangkung, buncis, kembang kol, daun dan biji melinjo yang semasing cuma bisa dikonsumsi sekitar 100 gr /hari. 
Tidak semua makanan jadi pantangan asam urat, kok. Ada banyak makanan yang aman untuk dikonsumsi, bahkan juga disarankan seperti makanan yang rendah lemak, buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C serta kalium, seperti apel serta pisang yang dapat membantu Anda terhindari dari encok yang kambuh. 

2. Tidak mengontrol pola makan dengan baik 

Pantangan asam urat lainnya yang perlu dilihat ialah mengurus serta mengontrol pola makan dengan baik. Tidak cuma lakukan diet rendah purin saja, akan tetapi, semestinya Anda pun hindari makanan yang memiliki kandungan lemak serta gula yang tinggi. Tidak hanya jelek buat kesehatan, makanan ini membuat timbangan berat tubuh Anda gampang melompat. 

3. Tidak minum air yang cukuplah 

Jarang minum air ialah pantangan asam urat setelah itu. Anda mesti mengawasi badan supaya masih terhidrasi dengan baik dengan minum air yang cukuplah. Upayakan untuk semakin banyak minum air putih, daripada air yang mempunyai perasaan manis. 

4. Tidak lakukan berolahraga dengan teratur 

Berdiam diri saja di dalam rumah atau bermalas-malasan di kamar ialah salah satunya pantangan asam urat yang perlu Anda taati, bila tidak mau encok kambuh. Olahraga teratur bisa membuat Anda mengawasi berat tubuh masih baik. Makin bertambah berat tubuh Anda karena malas berjalan, jadi makin seringkali serangan encok yang bisa Anda alami di masa datang. 

Semua pantangan asam urat itu terpenting untuk Anda kerjakan bila tidak mau rasakan ngilu serta sakit di persendian. Akan tetapi, bisa jadi walau Anda telah patuhi pantangan asam urat, tanda-tanda bisa tampil di masa datang. Bila perihal ini berlangsung, jadi kerjakan cara-cara tersebut untuk menanganinya: 

Angkat tungkai yang terserang serangan encok untuk kurangi pembengkakan 
Beri kompres es pada sendi yang meradang saat seputar 20 menit 
Ulangilah sekerap yang dibutuhkan tetapi yakinkan suhu sisi yang dikompres sudah kembali normal sebelum mengulanginya kembali. 
Bila Anda mempunyai pertanyaan, silahkan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk lebih mengerti jalan keluar terunggul untuk Anda.